Minggu, 17 Februari 2008

global warming [selamat tinggal jakarta..!]

Kalau ada yang bilang, pemanasan global masih isu..coba kita datang ke Muara Baru jakarta utara. Beberapa bulan yang lalu (mungkin mulai oktober 2007) kawasan yang langsung berbatasan dengan pantai utara jakarta tersebut (sebelah pelabuhan sunda kelapa), kita akan liat betapa saat ini daratan jakarta dah sama tingginya ma muka air laut (klo pas laut gak pasang), bahkan beberapa titik malah lebih rendah dari muka air laut. Apabila laut sedang pasang, tamat deh daratan yang di dalamnya dihidupi puluhan ribu manusia beserta aktifitasnya.

Selama lebih dari 3 bulan warga Muara Baru harus berbasah-basah tiap pagi (09.00 am saat pasang mulai) sampai menjelang senja air baru surut kembali. sungguh pemandangan baru, rutinitas baru yang dilalui tiap hari..karena ketika saya tanya apakah tahun sebelumnya seperti ini juga, mereka menjawab TIDAK.

Melihat kondisi fisik kawasan tersebut, dari tahun ke tahun tidak ada yang berubah, mulai dari kawasan pelelangan ikan, pelabuhan sunda kelapa, pergudangan pendinginan ikan, sampai permukiman padat warga miskin di sekitarnya. tapi yang berubah hanyalah satu, masuknya air laut ke daratan hingga 1 meter lebih (di tempat-tempat tertentu). Para nelayan tradisional pun tak habis pikir kenapa ombak pasang bisa setinggi ini, karena mereka samasekali tak tahu apa itu GLOBAL WARMING.

Kelihatannya kita tak bisa tolak kedatangan pemanasan global di jakarta. klo Al Gore bilang 5-10 tahun lagi banyak daratan di belahan bumi akan berkurang dan ditelan laut, kita saat ini sudah menemukan salah satu jawabannya. ibukota negara republik indonesia salah satu korbannya..heheheh.
Beberapa ahli di jakarta juga bilang, 10 tahun lagi, kota tua jakarta (jakarta old town) akan tengelam dan batavia tinggal menjadi kenangan. beberapa minggu yang lalu kita baca koran, bahwa siapa yang jadi korban pertama, tentu saja warga sekitar Muara Baru yang notabene mayoritas kelas menengah ke bawah. Beberapa minggu lalu kita baca berita koran, museum bahari roboh, bangunan tua di kota lama ambruk karena terendam air asin terlalu lama..apa tenggelamnya kotalama dan jakarta utara harus tunggu 10 tahun lagi..????

dan pemerintahnya..
malah sibuk sendiri urusin mega proyek reklamasi pantai utara jakarta..
HEBATTTT...!!!!

Let us help stop Global Warming now and make sure that the world we live in stays alive!
Visit http://www.warmings ign.org to sign up and get facts on Global Warming.
Help us spread the word by forwarding this message to your contacts and friends.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda